Showing: 1 - 10 of 12 RESULTS
Book Review

Buku-buku Sedang Ketakutan Diringkus Polisi

Belakangan ini sedang ramai razia buku. Dimulai dari disitanya buku-buku yang diyakini ‘Pemikiran kiri’ atau paham Komunis di daerah Kediri, kini yang terbaru razia buku yang sudah sampai di Padang, Sumatera Barat. Razia buku ini bukanlah jadi yang pertama kali di Indonesia. Pada zamannya dulu, aparat pemerintahan juga pernah melakukan razia besar-besaran buku yang dianggap …

Book Review

[Homo Deus] Akhir Zaman Oleh Manusia itu Sendiri

Kemarin sebentar berkeliling di Gramedia. Memang sudah biasa sih kalau pulang kantor dan merasa suntuk pasti berkunjung kesana, random memilih buku dan membacanya satu bab di sudut rak. Nah semalam aku membaca buku Homo Deus: A Brief History of Tomorrow karya Yuval Noah Harari. Buku ini termasuk di jajaran buku Best Seller yang membahas tentang …

Review

Giveaway! Peka Aksara Bagi-Bagi Buku

Rasanya memiliki akun lain yang bisa lebih terang-terangan dalam menulis membuat lain sisi diriku merasa lebih tenang. Selain karena tidak perlu memikirkan apakah teman-temanku akan menyukainya atau tidak, aku jadi bisa bertemu dengan orang-orang yang satu hobi denganku. “Kenapa gak beli followers aja?” Ini adalah salah satu pertanyaan dari beberapa temanku yang tau aku buat …

Review

Wedding Playlist, Soon!

Sedang berada di euforia teman-teman yang menikah. Ndak apa yaa sedikit berandai-andai jika nanti hari besar itu berpihak, akan ada lagu-lagu apa yang diputar? Sebenarnya lagi iseng aja sih karena sedang merapikan Playlist Spotify dengan lagu-lagu yang aku suka. Sekalian yang mau nikah siapa tau Playlist ini bisa jadi rekomendasi kalian untuk diputar di hari …

Review

PSI yang “Larang” Poligami

Menyaksikan perdebatan antara Tsamara Amany dan ibu ustadzah Azizah di TvOne memaksa aku disini untuk sedikit berpendapat. Soal ilmu memang aku bukan ahlinya, dan sebagai seorang wanita pun poligami bukanlah hal yang membahagiakan. Namun, rasanya ada satu hukum yang memang tidak bisa ditentang. Hukum Allah SWT pemilik semesta ini adalah hukum yang benar-benar mengundang murka Allah …

Review

Nosstress – Ini Judulnya Belakangan

Menemukan lagu ini di tengah kepenatan pekerjaan. Rasanya tuh, kayak minum es cendol di tengari bolong. Adem banget, mood-nya langsung berubah yang tadinya males-males jadi ketawa sendiri karena liriknya yang mengandung pesan untuk setiap kota besar di Indonesia. Meski menggunakan Bali, yang mungkin menjadi asal dari penyanyi Nosstress ini punya makna yang bisa diambil oleh kota besar manapun yang …

Review

[Manusia Baik] Transportasi Online di Jogja

Memasuki hari pertama waktu itu, aku dan teman bertualangku memutuskan untuk keliling kota dengan transportasi online atau yang lebih dikenal dengan ojol (Ojek Online). Tapi karena kita berdua, jadi kita memilih untuk menggunakan mobil. Apalagi sedang ada promo potongan hingga Rp. 7.000,- jadi rasanya sayang banget kalau ndak dimanfaatkan segera, karena masa berlakunya pun akan …

Review

The House of Raminten Yogyakarta

Katanya, ini ciri khas Jogja banget untuk kulineran. Tapi aku sendiri pun baru tau ternyata restoran ini ndak se-seru yang orang-orang bilang. Tapi, percayalah semua tergantung selera. Beberapa waktu lalu aku kembali ke Jogja, ada banyak cerita seru yang mungkin nanti bisa jadi pelajaran dan rekomendasi untuk kalian semua para pembaca. Untuk kali ini, aku …

Book Review

[NH. Dini] Lerep di Lerengnya, Banyumanik Di Kakinya

Innalillahiwainnailaihirojiun… Salah satu sastrawan kebanggaan Indonesia baru saja berpulang ke sisi Tuhan di usia ke 82 tahun. NH. Dini atau seorang eyang uti dengan nama lengkap Nurhayati Sri Hardini adalah salah satu penulis perempuan Indonesia yang baru saja buatku jatuh hati dari bukunya yang berjudul Gunung Ungaran: Lerep di Lerengnya, Banyumanik di Kakinya. Bukunya aku …