Salah satu hal yang nyaris menghabiskan waktu dalam keseharian adalah, smartphone. Rasanya bukan hal asing lagi jika apa-apa lebih mudah dilakukan dengan smartphone yang mendukung beberapa aplikasi untuk mempermudah keseharian pengguna.

Nah, untuk yang belum tau mau buat resolusi apa dan merasa terlalu riweh untuk bikin jurnal harian, mingguan, bulanan hingga tahunan, hal ini bisa jadi langkah awal ampuh untuk mencapai resolusi di tahun baru.

1. Benahi Smartphone

Bukan berarti ganti smartphone yaa. Mengikuti perkembangan zaman tentu boleh, asal jangan sampai kita dimanjakan dan malah jadinya boros karena gonta-ganti sesuatu yang sebenarnya masih bisa kita pakai dalam jangka waktu yang panjang.

Benahi smartphone disini adalah melakukan hal sederhana seperti ganti wallpaper, ganti lockscreen, ganti theme, dan mengelompokkan beberapa aplikasi yang bisa mempermudah kita untuk mengakses.

Hal ini aku ambil dari pelajaran Konmari, bedanya Konmari seni beberes rumah, sedangkan aku seni beberes menu smartphone heuehu. Dan salah satu dampak baik dari seni bebenah itu adalah, kita jadi lebih fresh dan lebih bersemangat untuk melanjutkan aktivitas. Coba deh!

2. Ganti Walpaper

Entah kenapa belakangan ini selalu tenang kalau liat gambar jalanan yang membentang lurus dengan pemandangan alam yang indah. Rasanya bisa jadi pacuan untuk memulai petualangan baru nantinya. Rasanya ada pesan, apapun yang terjadi harus tetap berjalan.

3. Ganti Lockscreen

Nah kalau lockscreen aku pilih gambar hutan di musim kemarau. Yang daunnya warna kekuningan, terkesan hangat dan kalau lagi melamun dia kayak bilang, “Semua akan baik-baik saja,” heuheu kalian bisa pilih gambar sesuai dengan suasana hati kalian. Pilih gambar yang memberikan dampak positif, jangan yang membuat suasana hati malah semakin terpuruk.

4. Atur Menu

Di tahun ini, aku membenahi smartphone dengan mengelompokkan menu berdasarkan abjad ABC DEF GHI JKL MNO PQR STU VWXYZ. Kenapa? Sebelumnya aku udah coba membagi per warna dan per kategori, nah yang belum ya per abjad.

5. Unduh Aplikasi

Tidak hanya mengunduh, di tahun baru ini juga perlu menyisihkan aplikas-aplikasi yang dirasa sangat jarang digunakan karena akhirnya cuma jadi alasan penuhnya memori. Dan berikut ini adalah aplikasi yang aku gunakan untuk 2019 yang lebih baik:

  • Money Lover sebuah aplikasi yang mengatur keuangan, jadi awalnya kita bisa memasukkan jumlah uang yang kita miliki, kemudian mencatat semua pengeluaran dalam sehari. Catatan pentingnya adalah, jangan tinggalkan 1 rupiah pun, catat semua pengeluaran dan pastikan tidak melebihi pemasukan yaa. Nanti, aplikasi ini akan menghitung sendiri jumlah pengeluaran kita, serunya lagi ini bisa dikategorikan seperti food, transport, shopping dll.
  • InfoBMKG mengingat semesta sedang kurang sehat, aplikasi BMKG ini aku rasa penting banget untuk kalian unduh dan terus update perihal keadaan bumi.
  • Online Storage Ndak perlu lagi deh yang namanya bawa flashdisk kemana-mana. Untuk data-data ringan, aku rasa Online Storage ini sangat membantu jika sewaktu-waktu ada data penting yang harus diserahkan. Apa itu Online Storage? Contohnya itu Dropbox, Google Drive, One Drive, dll.
  • KitaBisa menjadi lebih baik tentu jadi target ke depannya kan? Nah salah satunya dengan berdonasi lewat Kita Bisa. Sistemnya sama loh dengan GoPay atau Ovo yang selama ini kita gunakan, bedanya saldo yang ada disini kita donasikan untuk mereka yang membutuhkan, cusss nabung pahala!
  • Muslim Pro aplikasi ini super lengkap, untuk kalian yang punya resolusi memantapkan ibadah, aplikasi ini bisa sangat mendukung. Kalau lagi diperjalanan, waktu shalat akan berbunyi, disana juga ada seperti forum yang membiarkan kita berdoa dan membaca doa-doa orang lain yang bisa kita aamiin-kan. Ditambah lagi ada surat-surat pilihan seperti Al Waqiah, Al Kahf, Yasiin dll.
  • Medium untuk yang suka membaca dan bosan dengan bacaan yang sebelumnya, aplikasi ini salah satu yang bisa memanjakan pemikiran. Belum terlalu booming Medium punya bacaan yang pas banget untuk kita terapkan sebagai kebiasaan.
  • Poinin untuk pecinta diskon dan promo, aplikasi ini akan membantu sekali mencari potongan harga agar lebih hemat di tempat-tempat tertentu. Tinggal sesuaikan lokasi, iklan promo dan diskon akan terpampang nyata!
6. Ganti Case

Duh udah banyak banget pasti kan yang jual case unik beserta aksesoris-aksesoris lainnya seperti popsocket, multi band, smartring stand, dll. Bisa jadi pilihan memberi tampilan smartphone terbarumu tanpa harus beli hp baru.

Aku ndak unduh aplikasi jurnal karena aku sudah dihadiahi jurnal dari salah seorang kawan. Jadi, untuk kalian yang anti yang namanya nge-jurnal, mungkin bisa gunakan catatan-catatan kecil untuk sekedar mengingat.

Kalau aku rekomendasi sih, jangan yang di smartphone karena pasti jarang banget kita liatin catatan atau To Do List karena keasyikan akses aplikasi yang lain.

Jadi, aplikasi terbaru apa yang sudah ada di smartphone kamu?